Minggu, 29 Maret 2009

fenomena ponari

semuanya pasti udah pada tau fenomena ponari. seorang anak yg mungkin baca aja belom lancar (jahat bet gw) udah bisa ngasilin duit milyaran hanya dengan nyelupin tangannya ke dalem aer. gua? mau sampe ngobok2 aernya juga gabakal jadi duit.
berulangkali gw berusaha me-logika-kan fenomena ini. gimana dengan hanya minum aer hasil celupan tangan anak itu (yg kita gatau pasti, bisa aja anak itu abis ngupil, ato entah abis apa) bisa nyembuhin berbagai macem penyakit. hasil usaha gw? nihil. kalo cuma dengan minum aer kaya gitu bisa nyembuhin penyakit trus buat apa sih praktek dokter? buat apa sih org2 dateng berobat mahal2, bayar terapi mahal2? dan buat apa juga ilmuwan2 sibuk2 research untuk nyari patologi dasar suatu penyakit kalo semua penyakit bisa disembuhin hanya dengan minum aer ponari (sweat)?
satu-satunya pendekatan logika yg gw bisa simpulkan adalah sugesti. gw pernah denger bahwa sugesti adalah obat paling mujarab yg pernah ada, mengalahkan obat apapun yg pernah ada di dunia ini. semua orang yg berobat ke ponari PERCAYA dengan kemampuan anak ini. PERCAYA bahwa mereka akan sembuh. PERCAYA. dengan kepercayaan itulah mereka bisa sembuh. otherwise, gimana bisa sembuh coba? apa sih yg mebuat orang2 itu mau mengantri cape2 panjang2 hanya untuk aer minumnya dicelupin tangan seorang bocah? pasti sugesti itu. pasti kepercayaan itu.
sebenernya ponari ga membuat kesalahan apapun. technically, ga ada orang yg meninggal karena prakteknya dia. jadi jelas dia ga salah apa2. tapi coba deh bayangin.. gimana bangsa ini bisa maju sih kalo kepercayaan kaya gini masi ada?apa ga diketawain kita sama bangsa2 lain yg lebih maju? mungkin ini juga mengundang decak kagum dari bangsa lain, tapi ga bisa kita pungkiri bahwa ini sama sekali tidak logis.. mungkin hal ini bisa jadi cerminan bahwa masih banyak penduduk kita yang percaya dengan hal-hal kaya gini. hal-hal yg tidak bisa dijelaskan dengan pendekatan logika.
P.S. : kesian banget, masa ada temen gw yg ikutan dipanggil ponari gara2 mukanya emang rada mirip. hahahhahahahahhahah..

1 komentar:

lola mengatakan...

ponari rocks!