Kamis, 20 November 2008

my first PA lab

gw baru dapet lab. Patologi Anatomi,masih dasar c.. blajar2 prosedur sitologi,histopatologi,gitu deh.. secara ya lab PA (patologi anatomi) tu isinya rendeman organ2 tubuh pake formalin,mulai dari yg normal,cacat,abnormal,sampe bener2 abnormal..

gw dateng ke lab dgn keadaan perut udah bunyi2 minta kasih sayang,laper abibes. rencananya gw mu bli roti di abang2 dulu sebelum masuk lab,tapi gw udah hampir telat,dan gw dikasi tau senior untuk ga macem2 sama orang2 PA ato PK (patologi klinik). katanya c,dosennya strict semua gitu. yaudah,gw lupain deh tu bunyi2 perut gw,dan langsung tancap ke lab.

begitu masuk lab,gw liat ruangan sekitar.
ada banyak,gw ulangin,BANYAK,toples2 berisi organ2 yg direndem formalin. apapun ada,dari mulai ujung pala sampe ujung jempol kaki.
lo bayangin toples nastar isinya kista ovarium,kelenjar mamae,usus halus,dll.
ada toples GEDE banget (yg di rumah gw biasa dipake tempat rempeyek nyokap gw) isinya bayi kembar siam,
ada toples yg biasanya buat kue sagu isinya kaki yg jempol kakinya udah membusuk,kukunya ga digunting,
yaolohh..
makasih.gw udah bener2 lupa sama bunyi2 di perut gw,ga berkeinginan bli2 roti2 tadi.
gw langsung kampung abis,ngeliatin semua toples dengan penuh takjub.gw ulang,TAKJUUBB
sambil sesekali gw ngeluarin kata2 "iiihh" "idiiiih" "ya ampuuun!"
kampung deh..dengan alasan,maap ya aku ga punya ini semua di rumah.
lagian gw juga o'on,udah tau jijik,masii aja diliat.

trus gw dibawa ke ruangan yg lain, gw kira pajangan2 organ direndem formalin tadi udah selesai,
ternyata..
BANYAK yg lebih bombastis di ruangan ini.
ada testis yg (sangat) ga wajar,gede kuadrat pangkat tujuh.
itu karena tumor kata dosen gw..
tiba2 ada temen gw nyeletuk "punyaku ga segede itu lah..sumpah.."
hmmph......
ada uterus yg,yaolohh,udah segede apaan tau,gw sampe ga nyangka sesuatu segede itu bisa ada di dalem tubuh kita.
uterusnya udah segede itu sampe memenuhi EMBER ya.EMBER.
kata dosen gw,si ibu2 pemilik uterus ini ngira dia hamil,
ternyata......hmmmph.....
trus ada toples aga kecil,dengan isi yg ga jelas itu apa,
gw cuma liat,sesuatu seperti kelenjar,dgn formalin yg butek,
dan ada lebel nama FATIMAH di toples itu..
gw jadi penasaran,,siapa pula ni fatimah?hihi..

Tidak ada komentar: